Taman Kota


UNTUK melengkapi fasilitas, pengembang menyediakan dua taman, yakni Taman Kota 1 yang-terletak di pusat kota BSD Jalan Sutopo ROW 30 dan Taman Kota 2 yang berada di dekat Taman Tekno BSD City.

Taman Kota 1 ini dibuka pada 2004 dengan luas 2,5 hektar dan memiliki 60 jenis tanaman dengan jumlah pohon mencapai 2.500 pohon. Jenis pohon yang ada antara lain Nam-nam hutan, Keben, Pulai, Nyamplung, Menteng, Bintaro, Beringin sabre, Saraca, Meranti, Sawo Duren, Sosis Afrika, dan sebagainya."Taman ini berfasilitas plaza dan panggung, jogging track, fitness ground, acupuncture walk, tempat bermain anak, papan pendidikan lingkungan, dan kios jajanan," kata Corporate Communication Senior Manager PT BSD Idham Muchlis.

"Sejauh ini taman kota itu selalu ramai dikunjungi orang. Saat ini, pada Senin-Jumat, rata-rata pengunjung mencapai 1.000 orang. Sementara pada Sabtu, Minggu, atau hari libur, pengunjung bisa mencapai dua-tiga kali lipatnya," jelas Idham.Dia menambahkan, ada pun kegiatan warga yang rutin di sini di antaranya Senam Taichi setiap Senin, Kamis dan Sabtu; serta Senam Mawar setiap Jumat dan Minggu.

Sementara Taman Kota 2 dibuka pada 2006 memiliki fasilitas yang lebih banyak dibanding Taman Kota 1 antara lain Gazebo dan Tree House dengan luas yang lebih besar, yaitu sembilan hektar, termasuk danau buatan seluas 2 ha, sentra tanaman hias, dan fasilitas track untuk pehobi remote control car.

Dengan area yang lebih besar, tukas Idham, tentunya jumlah pohon pun pastinya juga lebih banyak, yakni sekitar 7.000 pohon. Sedangkan untuk jenis pohonnya seperti Waru Gunung, Nam-nam hutan, Keben, Pulai, Nyamplung, Menteng, Bintaro, Beringin Sabre, Saraca, Meranti, Sawo Duren, Sosis Afrika, dan sebagainya.Selain berfungsi sebagai sarana rekreasi dan olahraga, warga juga berfungsi sebagai laboratorium alam atau botani, melindungi kesuburan tanah dan air, daerah resapan air, penyedia oksigen atau paru-paru kota, juga sarana pendidikan lingkungan.

0 Response to "Taman Kota"

Posting Komentar